Friday, March 29, 2013

SBY Formatur Tunggal untuk Tentukan Ketua Harian

Denpasar (ANTARA) - Ketua Partai Demokrat Herman Khaeron mengemukakan, jika Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat memilih Susilo Bambang Yudhoyono sebagai ketua umum, maka SBY akan menjadi formatur tunggal untuk menentukan ketua harian beserta kepengurusan secara lengkap.
"Karena semua sudah diserahkan kepada Pak SBY sebagai ketua umum oleh dewan pimpinan daerah dan cabang, maka SBY bisa membentuk tim formatur. Kalau perlu formatur tunggal," kata Herman di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu.
Mengenai calon ketua harian yang akan dipilih oleh SBY, Herman menambahkan, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo merupakan sosok yang "pas" (tepat) dan pantas menjalankan tugas-tugas partai.
"Ketua harian adalah orang yang mempunyai `chemistry` (kerikatan) yang `pas` dengan SBY dan Partai Demokrat, sejalan dan memiliki visi dan misi untuk membesarkan partai," kata dia.
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu menilai Hadi Utomo telah memiliki pengalaman dan terbukti mampu memenangkan Partai Demokrat pada 2009 lalu.
"Saya pikir karena sudah dekat menghadapi Pemilu 2014, kita butuh orang yang berpengalaman, orang yang mempunyai jam terbang dan fokus untuk memenangkan partai. Ya hanya Hadi Utomo meskipun yang lain punya kemampuan yang sama. Hadi Utomo memiliki succes story, mampu menangkan partai ini," ungkap Herman.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan mengatakan ketua harian tersebut langsung ditunjuk oleh ketua umum jika SBY yang terpilih.
"Semua diserahkan kepada SBY. Beliau yang berhak menunjuk karena yang terpilih harus benar-benar nyaman dan aman serta berkomunikasi dengan baik," katanya.
Ramadhan mengaku tidak mengetahui nama-nama yang dimungkinkan untuk menjadi calon ketua harian, seperti Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Marzuki Alie dan Toto Rianto.
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Demokrat Marzuki Alie berpotensi menjadi Ketua Harian Partai Demokrat.

"Marzuki Alie adalah kader yang paling dekat dengan pengurus-pengurus DPC. Saya rasa berpotensi menjadi ketua harian jika SBY menunjuknya," katanya di tengah-tengah persiapan Kongres Luar Biasa Partai Demokrat di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Denpasar, Jumat (29/3).
Max menilai baik komunikasi Marzuki Ali dengan kader-kadernya di daerah. "Sejak 2010 Marzuki Ali melakukan komunikasi ini dengan intens dengan kader," katanya.
Dia mengatakan bahwa salah satu syarat menjadi ketua harian adalah tidak boleh memiliki faksi-faksi yang bisa menimbulkan perpecahan.(tp)

0 komentar:

Post a Comment

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info