Sunday, March 31, 2013

Cara Mengurangi Beban Memori Firefox

Seperti program lainnya yang bekerja di sistem operasi windows, mozilla firefox dapat memakan memori yang begitu besar bila digunakan dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena firefox ketika digunakan akan menyimpan cache, mempresentasi grafik, serta aktifitas lainnya yang membutuhkan memori. Memori yang digunakan ketika beroperasi lama pun sangat besar, bahkan dari pengalaman saya, firefox pernah memakan hampir 1 GB memori yang dibutuhkan.

Firefox ultimate optimizer adalah sebuah aplikasi kecil yang mampu menurunkan pemakaian memori firefox. Aplikasi ini dapat menurunkan penggunaan memori firefox hingga satuan MB saja.

Secara akal sehat, tidak mungkin program yang begitu kecil ini mampu menurunkan penggunaan memori yang begitu besar menjadi beberapa MB saja. Namun, kenyataan yang diperlihatkan oleh task manager membuktikan hal itu. Gambar di bawah menunjukkan konsumsi memori oleh firefox sebelum dan setelah penggunaan firefox ultimate optimizer.

sebelum-firefox-ultimate


Penggunaan memori oleh firefox sebelum firefox ultimate optimizer dijalankan

setelah-firefox-ultimate


Penggunaan memori oleh firefox setelah firefox ultimate optimizer dijalankan

Firefox ultimate optimizer dikembangkan oleh seorang blogger yang beralamatkan di felipex.net. Namun blog tersebut tidak aktif.

0 komentar:

Post a Comment

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info